Sunday, November 19, 2017

Pantai Lawata Masa Kini

Selamat sore,
Cuaca di kota saya hari ini lumayan bersahabat, dari pagi tak kunjung turun hujan, biasanya pukul 9 pagi langit akan terlihat sangat mendung.

Hari libur datang juga, dan harus dimanfaatkan agar tidak terkena serangan monday blues di malam hari, namun kali ini rasanya tak ingin melangkah jauh-jauh cukup bertamasya dengan jarak tempuh yang tidak membuat lelah di pagi hari karna besok senin harus kembali bekerja.

 ***

Minggu pagi tadi saya dan keluarga melakukan piknik dadakan ke pantai lawata, dadakan karena tidak ada persiapan di hari kemarin, hasrat ingin piknik datang begitu saja dari pikiran, entah karena pengaruh cuacanya atau apa tiba-tiba saya ingin ke pantai,
saya pun segera pergi ke pasar untuk berbelanja ikan dan bahan lainnya untuk di santap nanti ketika berada di pantai tsb, tak lengkap rasanya piknik tanpa menguyah makanan. Hmmm..

Yaah namanya dadakan, tidak semuanya bisa ikut piknik karena yang lain sudah keburu ada janji dengan yang lainnya, alhasil yang ikut hanya Ibu, Tante saya, dan adik perempuan saya, tidak ada kaum adam ya, karena si Bapak lebih memilih nonton tv, ada acara tinju kesukaannya, jangan tanyakan adik saya yang laki-laki, sebelum di ajakpun dia sudah terlebih dulu mengunci pintu kamarnya dan pura-pura tertidur, si saudara laki-laki yang sangat menutup diri, saya kadang prihatin dengannya, prihatin kalau sampai ga dapat jodoh,
sebelumnya sudah saya ceritakan juga di postingan saya sebelumnya di"Introvert ". Benar-benar introvert yang akut.

Setelah tiba di pantai lawata, karena memang baru benar-benar kesini lagi, saya sedikit bingung pantai yang dulunya sangat ramai sekarang malah sepi dari pengunjung, entah karena pengaruh renovasi atau apalah ya, tiba-tiba saya rindu lawata yang dulu.
Biar saya ceritakan sejarahnya sedikit.

Pantai lawata ini adalah obyek wisata andalan bagi warga kota bima, pantai ini berada tepat di pintu masuk menuju kota bima, di sekitarnya di kelilingi beberapa pegunungan di pinggir jalan.
Lawata dulu pertama kali di perkenalkan oleh para ncuhi (sebutan keturunan raja) kepada salah seorang musafir dari jawa yang dijuluki Sang bima.
Sang bima tsb mempunyai istri yang merupakan putri dari salah satu ncuhi Tambora,
pada saat mereka mengunjungi ncuhi Dara di pusat kota Bima, ribuan tarian adat menjemput kedatangan sang musafir yang di juluki Sang bima tsb, penyambutan yang cukup meriah itu dilakukan di pinggiran pantai, pantai ini merupakan pantai kebanggaan para raja dan rakyat Bima, para ncuhi yang di pimpin ncuhi Dara itupun mempersilahkan tamunya untuk duduk-duduk di tepi pantai seraya berkata : " Ake Lawang Ita"
Lawang(Pintu gerbang/ Pintu masuk) Ita (Anda/Julukan orang yang lebih tua) sejak saat itu lah pantai tsb dijuluki pantai Lawang ita.
Namun sekian perkembangan jaman nama Lawang Ita berubah menjadi sebutan pantai lawata, yang berarti pintu masuk atau gerbang awal bagi siapapun untuk menuju dan menginjakan kaki ke kota Bima, pantai ini juga menjadi batas awal dan akhir antara kota Bima dan Kabupaten, sayangnya akhir-akhir ini pemerintah telah melakukan perbaikan demi mempercantik pantai ini, sejarah bangunan lama jadi hilang tinggal kenangan.


Lawata tempo dulu






@wisatabima

Ngomongin sejarah jadi ingat pelajaran SD,

Setelah memilih tempat untuk beristirahat, kamipun menyiapkan bekal makanan yang saya peroleh dari pasar saat berbelanja tadi, berhubung ini piknik dadakan makanannya juga tidak ribet judulnya hanya SEAFOOD, hanya ada cumi, udang, ikan nila dan ikan ruma londe kecil, saya lupa bahasa indonesianya apa, ah sudahlah, yang penting piknik, makan-makan dan bakar-bakar. hehehe





maafkan kayu bakarnya :D

Beliau ngeyel pingin di bagian bakar-bakar


Ngapain lama-lama, langsung santap saja..
sudah jadi kok,,


si doyan sambal




Nikmat Tuhan mana lagi yang aku dustakan? hiks...

Ikannya banyak banget, yang makan hanya empat wanita berbadan kurus, hehehe..

Setelah makan, saya mengajak adik saya foto-foto sebentar, melampiaskan hobi narsis yang sudah ada sejak lahir. yihihi..




lawata setelah renovasi






Sister



Model iklan rexona :p













Cuaca yang sangat panas mungkin membuat kedua Ibu-ibu ini akhirnya nyebur ke laut,
berhubung saya alergi air laut saya ga mau ikutan mandi, foto di ambil setelah kedua Ibu-ibu tsb keluar kedinginan :D



Mama & Sista

 
Pose anget


Hari sudah sore, kamipun pulang, tapi sebelum benar-benar keluar dari pantai tsb saya tak mau ketinggalan kembali mengabadikan foto-foto yang memang dari awal lihat tulisan ini kepingin foto tapi belum sempat-sempat, akhirnya kesampean juga sih ya. Hihi..
Sebenarnya tulisannya itu panjang, bertuliskan "PANTAI LAWATA" berhubung hanya kamera Hp dan fotonya ga bisa jauh banget karena di depan jaraknya juga ga jauh mundur ke belakang malah laut, hasilnya ya gini doang, tapi tak apalah ya yang penting pose. :p





















Sekedar bocoran sebelum pantai ini di renovasi marak terjadi kejadian yang tidak enak pada malam hari di malam minggu, iyap.. pantai ini tempatnya anak muda menjalin kasih modal rayuan dapat bonus kecup kening free ongkir sampai rumah dengan selamat, hahaha yah namanya ABG, tapi alhamdulillah setelah di renovasi pantai ini sudah dilakukan pengawasan lgs oleh pemerintah setempat jadi kejadian seperti itu sudah jarang terjadi lagi, lampu jalan juga sudah terpasang dengan baik, hampir semua bangunan lama di ganti dengan yang baru, sekarang pantai ini ramai dikunjungi di pagi hari, untuk sekedar foto-foto atau berjogging ria.

Sekian liburan saya kali ini,
jangan lupa berkunjung kesini jika ada waktu untuk mampir ke kota saya.


Happy weekend.. :)

Love kids

70 komentar

Ooh Nia tinggal di Bima, ya. Pantainya cakep banget. Nambah keren setelah di renov. Dan saya jd terinspirasi sama Udami bakarnya! Nyummy!

iya di bima,, hayu mb nisa kapan main2 sini?

hihi, udami bakkar seadanya mb tp emang nyummi sih!

Waduh.. Belum sampe Sumbawa mainnya..
Baru sampai Lombok..

Keren juga pantainya, tapi terkesan udah g terlalu alami karena renovasinya..
Itu waktu kunjungan terbaik kapan ya..?

Btw udang sama cuminya mantap. pengen makan di tambah suasana pantai lawata yang bagus banget

iya, mantap ,suka seafood juga berarti ya.. :)

hayo kapan jalan ke pulau sumbawa? makin timur makin bagus pantainya..

hari libur baru ramai pengunjung mas, cuman kalau mau bebas foto-foto tanpa numpuk2 gitu juga hari biasa bisa,

MAi lao lampa-lampa,nahu lingi ade ta Bima, Bune Haba LAwata, Dulu belum seperti ini cantiknya sekarang bersih dan indah rasanya pingin kesana lagi mudah-mudahan teman sekost belum ganti no telp jadi bisa dihubungi kalau mau ke bima lagi

Pantai pantai pantai
saya sepertinya butuh piknik dan liburan
kalo ngeliat pantai sudah bikin seger mata aja

:o mai lao lampa-lampa, nahu lingi ade ta Bima, bune haba lawata.. Mang kasih translate

sumbawa, masih menyimpan harta karunnya ya mbak. suasanya nya nggak kalah dengan belitung :)

Mai ni bang, lawata waura gaga, waur ka ntika ba walikota, :D
sedap nih bahasa bimanya bang?
hayu buruan kesini lagi, bima tambah oke skrang lho,
hehehe

bukan sepertinya lagi, kayaknya memang butuh piknik deh masnya :D

hayo kapan ke pantai NTB,,

waduh,mas fajar ngomongin belitung jd baper pingin kesana,
iya pantainya di bima makin timur makin bagus mas, main2 deh coba kesini.. :)

Iya memang bener-bener butuh
udah makin penat nih :D

Foto-foto dan ulasannya keren banget mbak nia, jadi ngirii..
Saya belum pernah bikin posting jenis traveling karya sendiri, kalau placement punya klien pernah sih beberapa kali.

Lanjutkan travellingnya ya mbak nia, saya bantu share aja dari sini...

thankyu kang, sy lg nunggu kabar jalan2 dr blognya saungmaman ini lah..? sekali2 liburan lah kang :D

Wah enak banget keliatanya bikin saya ngiler seafoodnya :)

mari pergi jalan-jalan, saya rindu dengan Bima, Bagaimana KAbar LAwata,gitu kirA-kira artinya dek

iya nih, sy sampe habis 3 tusuk cumi :D

Nanti kalau udah jadi, pasti rame lagi tuh pantainya..

Wah wah laper liat seafood begitu huhu..

-Traveler Paruh Waktu

Kata 'Lawang' di Bima, artinya pintu juga to? Mirip bahasa Jawa ya? Hehe

Yah misal aku jadi adik laki-laki mu mending ikutan ke pantai. Nyari udara seger gitu, daripada termenung di kamar. Introvert mungkin sah-sah aja, tapi kalau sampai terus-tersan begitu nggak baik juga sih.

Wajib banget itu kalau piknik bareng keluarga bawa bekal seabrek dari rumah. Irit dna yang pasti lebih enak & kenyang :D

mau donk udanmg bakarnya
pantainya tetap indah dan bersih

sudah kelar kok renovasinya mas bara..
rame bgt skrg2 ini,.

sama dong ya?

ga ngerti juga itu si brother dia kenapa2, introvertnya sdh parah bnr.. haha

lebih nyaman piknik bareng keluarga jg menurutku mas wisnu.. :)

Udangnya mengundang lapar, seafood memang selalu menggoyah selera

kayaknya BIMA jadi destinasi selanjutnya kalau ada waktu liburan

banyak juga ya yg doyan sm seafood :)

Pantai Lawata jaman dulu dengan jaman sekarang berbeda banget ya mang, dulu kira-kira 20 tahun lalu saya ke Pantai Lawata nggak seperti sekarang deh

waduh, sdh lama bgt itu mang lembu..
bima sudah banyak perubahan sekarang.. hehe

panorama pantai lawata ini cukup cerah ya karena pas ngambil foto pas nggak mendung. hehe. kalo dilihat dari lokasinya jauh banget sama tempatku. kapan aku bisa ke sana sambil ketemu mbak nia, ya?

panorama pantai lawata ini cukup cerah ya karena pas ngambil foto pas nggak mendung. hehe. kalo dilihat dari lokasinya jauh banget sama tempatku. kapan aku bisa ke sana sambil ketemu mbak nia, ya?

Indah juga pemandangannya. Harus masuk ke daftar tempat liburan tuh...

Udang bakarnya juga mantaf :D

Langitnya warnanya bagus sekali, kapan saya bisa tlavelling ke tempat-tempat seindah ini

Sejarah awal-mula nama Pantai lawata itu lo, sungguh unik. Saya punya teman di Bima, semoga saja lain waktu bisa kesana. Biar tahu keindahan sesungguhnya Pantai lawata.

:D hayu lah main sini kalau ada waktu,,
bima pantainya bagus2

must be bgt! he

iya, cuminya jg enak..

kapan aja bisa..
tergantung niat dan waktunya mas agus :D

Iya, aku jarang liburan jauh. terakhir kali liburan yg rada jauh pas di bli pas sma.

weekend berjalan-jalan sama keluarga di pantai emang nikmat mbak, di kota saya ga ada pantai yang jaraknya deket hiks...

btw itu cumi bakar kok minta dimakan ya mbak?

kalau nunggu pantai yg deket kapan dong mas andie? skali2 vitaminsea lah sm keluarga, iya nyaman aja..

:D

Unik nama pantainya. Apa jangan-jangan ini tempat lahirnya Mario Lawalata ya?

Badewe pantai bersih dan sepi, cocok liburan sekaligus mencari inspirasi...

Oh iya, di bagian artikelnya kok nggak responsif ya. Jadi agak berat dibuka lewat hape murahan saya ini. :(

wah cekep banget sambil makan asyik tuh
sepi lagi klo aku bisa gulung2 ala2 syarini di bunga2 hihi
cuminya keliatan endes mbak...

di bima? pantesan pantainya masih cantik dan bersih banget.

sy jadi curiga kalau sang bima itu mario lawalata kali ya, hihi

maaf ya,templatenya no rsponsif kyknya.. masih milih2 nih,hehe

jangan lah guling2, ntar mas ikrom viral versi syahrininya pria, syahrino.. :D

iya mb,
kapan nih berkunjung kesini..

kalau dilihat dari pemandangan sekitarnya (foto 1) kayaknya banyak spot indah tuh. pasti banyak spot enak dan bisa bawa nyaman penjelajah di pantai lawata. lihat airnya jadi pngen nyebur... aahhhh aku kangen pantaiiiii

Jadi makin bagus yaa
Duh pengen foto foto juga di sanaa

Dan bakar-bakar seafood seger fresh dari lauttt

HUAAA JADI PENGEN PIKNIK KE PANTAI HUHUHU

This comment has been removed by the author.

cumi bakarnya bikin ngiler. pasti enak banget. hehe. o ya, jika berkenan, yuk berkunjung ke sini: cerita2korea,blogspot,com.

Wah pas banget tuh mbak. Cuacanya Masya Allah bikin pemandangan dan viewnya makin joss. Amazing wes..
.
Btw pass banget ya, makan seafood di bibir pantai :D

iya mbah dinan. belum sempat foto spot lainnya, masih banyak yg bagus..

uda Aul, kapan nih main ke pantai Bima.. he

enak dong, seafood gitu lho,,hehe..
mkasih ya udh mampir :)

iya, berhubung sepi.. jadi enak aja dpt viewnya los begitu.. hihi

jadi laper :D

lawata jaman dulu ama sekarang, tetep aja sama2 cantiik :)

kapan2 berkunjung kesini ya mba.. :)

hihi.. belum ada kesempatan nih.. soalnya jam kerja di tempat saya padat banget, ciee..

Mudah-mudahan sih suatu saat nanti saya bisa membuat postingan bertema travelling seperti blog mbak Nia yang kerensukeren ini...

masih senang lihat pantai rasanya pingin hidup dekat pantai, berenang tiap hari dan memandang ombak serta perahu nelayan tiap hari

waah, lebih keren blognya saungmaman dong ya.. hihi

semoga punya waktu ya kang, buat jalan2..

Bersih dan cantikkkk deh pantai lawata :)

Jadi kangen makan seafood di pantai hehehe

ya.. pantai emg bikin kangen makan seafood, hihi

Widih model iklan rexonanya kaya seneng banget eksis ya.

Hem... sangat di sayangkan nggak ada cowonya. Pasti hanyar rumpian saja yang meramaikan liburanya.

Hehe nebak dikit.

model rexonanya cantik ga? hohoh..

iya,cwe2 semua ini,untung begal belum bangun..haha

Hei,, terima kasih atas kunjungannya
jangan lupa berkomentar biar bisa jalan-jalan juga ke blog kamu..
:)
EmoticonEmoticon