Saturday, October 21, 2017

Jangan Takut Menikah..


       ❤ 2017 the years of marriage ❤ 



Tahun ini, teman kantor saya seperti sedang berlomba lomba melangsungkan pernikahannya.
and then, sudah ada tujuh rekan kerja yang menikah secara berturut-turut setiap bulannya.
Situasi yang biadap menurut saya, bagaimana tidak, Setiap kali menghadiri acara tsb saya selalu jadi korban bully oleh pertanyaan 
"Kapan Nikah"
entah itu rekan kerja atau tamu undangan lainnya, bahkan pengantinnya pun ikut membully..

saya sih polos aja jawabnya cuman bilang.  " Doain yaah.." padahal dalam hati ngarep banget tuh pingin cepat dipinang calon imam.  :p

Oke lah sekarang kita jujur,wanita mana sih yang ga ingin menikah?
Ada yang bilang belum menikah sama dengan belum laku, itu memalukan..

dan saya masuk kategori wanita yang ngebet menikah, cuman saya bingung juga harus gimana,
berdo'a udah.., ikhtiar udah, sedekah udah,, tahajud udah, ikutan biro jodoh online konyol juga udah.. (ga mau lagi)

Well..menikah ibarat kematian, belum tahu kapan, dimana, dengan siapa dengan cara apa, megahkah, sederhanakah, ya pokoknya gitu lah.. semua masih menjadi rahasia Tuhan.


Dulu, saat berusia 17 tahun saya berencana menikah di usia 22 tahun,dan sekarang usiaku sudah  27 tahun dan masih belum juga menikah.

Tapi di satu sisi, saya juga memiliki rasa takut untuk menikah, takut jika rumah tangga saya nantinya terjadi berbagai konflik, entah itu suami yang berselingkuh atau godaan laki-laki lain terhadap saya sendiri, ketakutan saat melahirkan, takut jika sewaktu-waktu si kecil sakit parah lalu meninggal, takut keuangan menipis, takut mertuanya kejam lah, takut ini itu dan hal buruk lainnya yang bikin rumah tangga saya nantinya berantakan.

Pernah saya mendengar kisah rumah tangga pernikahan seorang perempuan,
usianya 16 tahun,masih duduk di kelas dua sekolah menengah atas, 
usia yang masih sangat labil menurut saya.
Dia menikah karena suatu hal atau biasa disebut MBA (Married by Accident).
Keduanya tinggal menumpang di rumah orangtua suaminya, awalnya kehidupan berjalan normal layaknya pasangan yang baru mengecap indahnya pernikahan, suaminya tidak bekerja hanya menumpang hidup pada orangtua, tapi mereka bahagia.
Setelah anak pertama mereka lahir, pahitnya pernikahan mulai mereka rasakan, kebutuhan makin banyak, popok bayi dan segala keperluannya harus terpenuhi, sedangkan si suami menganggur.
Singkat cerita, perempuan muda ini memilih bercerai karena masalah ekonomi,
dia sekarang single parent
belum menikah lagi di usianya ke 25 tahun.


Kalau materi alasan penting dalam sebuah pernikahan, bagaimana dengan cerita yang satu ini.

Namanya Asih (bukan nama asli)
Dia sahabat saya dari kecil, punya cita-cita menikah dengan pria mapan dan kaya raya.
Walaupun ujung-ujungnya menikah dengan pria yang hanya berprofesi sebagai Manager di sebuah bank swasta, itu cukup mapan menurut saya.
4 tahun pertama  masih baik-baik saja, bahkan teman saya ini optimis pernikahannya akan aman-aman saja.
6 tahun pernikahan suaminya naik pangkat, disinilah si suami mulai main hati, saya ingat waktu itu ada sekitar 5 pelakor yang dia ceritakan, sesama wanita saya mengerti sakit seperti apa yang ia rasakan saat itu.
awalnya teman saya memilih bertahan, demi anak-anak katanya.
Namun akhirnya dia menyerah, memilih bercerai dan hak asuh anak dia berikan kepada mantan suami agar anaknya bisa hidup layak, pernikahannya berakhir setelah 8 tahun mengucap janji suci.

***


Lalu, Apa arti pernikahan?
Menikah dengan seseorang bukan berarti anda berjodoh dengannya, ada saatnya tiba-tiba perceraian itu terjadi, lalu bagaimana dengan anak-anak nantinya?
saya jadi parno sendiri ingat kisah ini.

Tapi, ada satu hal yang membuat saya percaya pada pernikahan, yaitu perihal tulang rusuk.
Kata orang menikah itu pilihan,
jika terjadi karena bukan campur tangan Tuhan, kurasa itu bukan tulang rusuk (pasangan dari tuhan).
tetapi pernikahan yang kita buat sendiri, entah karena kesalahan kita atau kita terlalu cepat menginginkan pernikahan,
yang sebenarnya yang kita nikahi bukan untuk kita, lalu suatu hari bercerai, kemudian beberapa hari entah beberapa tahun kemudian kita bertemu lagi dengan seseorang yang akan membuat kita happy ending.
Kita pasti akan bingung sendiri, mengapa bisa lama bertemu, mengapa bukan dia orang pertama yang menikah dengan kita dan mengapa dengan cara seperti itu kita dipertemukan. mengapa dan mengapa.
Nah itulah yang disebut jodoh dari Tuhan, tulang rusuk yang selama ini kita cari, tulang rusuk yang hilang, yang dijanjikan dengannya engkau akan tentram damai bersamanya,
Semua hal akan begitu mudah jika pernikahan itu memang untuk kita.

Jadi.. Pernikahan bukan perlombaan ya
Awalnya saya khawatir dengan usia saya sekarang yang belum juga menikah,
semua manusia masing-masing akan menemukan pasangannya, di dunia maupun di akhirat nanti, Tuhan yang menjanjikan semuanya.

seperti hadist di bawah ini :


يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ ٱتَّقُوا۟ رَبَّكُمُ ٱلَّذِى خَلَقَكُم مِّن نَّفْسٍۢ وَٰحِدَةٍۢ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًۭا كَثِيرًۭا وَنِسَآءًۭ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ٱلَّذِى تَسَآءَلُونَ بِهِۦ وَٱلْأَرْحَامَ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًۭا

“Wahai manusia, bertaqwalah kamu sekalian kepada Tuhanmu yang telah menjadikan kamu satu diri, lalu Ia jadikan daripadanya jodohnya, kemudian Dia kembangbiakkan menjadi laki-laki dan perempuan yang banyak sekali.” [QS. An Nisaa (4):1].



Semua orang boleh berkata "saya sudah siap menikah"
bagaimana jika Tuhan berkata lain, Dia tahu kapan sebenarnya kamu benar-benar siap.

Jadi, jangan khawatir soal jodoh.



Happy wedding buat rekan kerja saya yang telah menemukan tambatan hatinya,
saya berharap pernikahan ini akan jadi cerminan bahagia buat mereka yang takut menikah.
Dan semoga pernikahan ini menjadi pernikahan yang sakinah mawaddah warrahmah, yang akan menua bersama, tidak ada konflik, tidak ada dilema, tidak ada orang ketiga, atau hal rumit lainnya.

🎈🎉


1. SOFIAN & ZULFA









2. IIN & AMIR (no mempelai pria nih)🎎







3. PIAN & AIS🎊🎉








4. SARAS & FRIN🎎🎈










5. RIAN & FITRI🎉🎈










6. NURUL & JECK🎀🎉










7. MEGA & TAMSIL🎉🎉🎉










Ikut meramaikan :























Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ الْمَرْأَةََ خُلِقَتْ مِنْ ضِلَعٍ, لَنْ تَسْتَقِيْمَ لَكَ عَلَى طَرِيْقَةٍ, فَإِنِ اسْتَمْتَعْتَ بِهَا اِسْتَمْتَعْتَ بِهَا وَفِيْهَا عِوَجٌ, وَإِنْ ذَهَبْتَ تُقِيْمُهَا كَسَرْتَهَا وَكَسْرُهَا طَلاَقُهَا


“Sesungguhnya wanita diciptakan dari tulang rusuk, ia tidak bisa lurus untukmu di atas satu jalan. Bila engkau ingin bernikmat-nikmat dengannya maka engkau bisa bernikmat-nikmat dengannya namun padanya ada kebengkokan. Jika engkau memaksa untuk meluruskannya, engkau akan memecahkannya. Dan pecahnya adalah talaknya.”(HR. Muslim)
                                     
                                       ****



Where is my wedding?

Coming soon. ☺☺☺








Love kids

22 komentar

menikah itu keliatannya ribet dan banyak tanggung jawab..
moga aja mba dapet jodoh yg asik..hihi
yg bisa buat "brayan urip"

hahaha apa itu brayan urip,
aamiin ya rab,, makasih ya, mas ginanjar, doanya...

Semoga disegerakan ya mbak :)
dipersiapin juga bekal bekalnya, bekal ilmunya, wawasan, dan mentalnya..
Salam kenal..

waa, acara nikah daerah mbak. heboh juga ya.
menikah itu ibadah, jika sudah menikah. jalani dengan sesuai tuntutan agama, bukan dengan gengsi ya mbak :)

brayan urip = hidup rukun/hidup tenang...selama masih sendiri, kita nikmatin kesendirian itu, bisa jadi Sang Maha Desainer Kehidupan sedang memberi kesempatan pd kita utk "ishlah' psikis & pola pikir sbelum masuk ke dunia baru ; dunia yg didalamnya super komplit, senyum & amarah, cinta & egois, kebersamaan & perbedaan...(ah kayak ceramah ya, padahal yg nulis komentar ini aja belum nikah...hahaha).....kabuuur

bang nedi bisa aja, awalnya sy pikir mmg sudah berkeluarga, eh tau nya blm juga:D btw, makasih info brayan uripnya.. :)

heboh dan agak rempong dikit,,hehe. aamiin2, mksih masukanx mas fajar ;)

aamiin ya rab,, siaap mas eks, salam kenal kembali..

Yang menjadi beban dalam pernikahan adalah budaya resepsi yang begitu memberatkan bagi kaum lelaki...
Ke KAU emang gratis, sewa gedung, tenda dan dangdutan ini lo, yang sungguh luar biasa bisa mencapai ratusan juta. Sedangkan gaji, hanya pas untuk makan sebulan.
Ya, begitulah, lelaki jika sudah mapan, nakal sedikit, ingin mencicipi atau mencoba nikmatnya hidangan KFC sebelah. Eh sudah tau nikmatnya KFC, lupa saya ayam masakan dirumah. Lupa pulang deh :D
Tapi jujur saja, menurut cerita teman-teman saya yang sudah menikah. Katanya mereka menyesal, maksudnya menyesal kenapa tidak menikah dari dulu, jika bulan madu itu nikmat dan surga dunia :D
Yuk buruan menikah, jangan lama-lama jomblonya.
Kapan nih ???

Jangan lupa saya diundang ya ? Dan nanti kasih tahu gimana rasanya setelah punya jodoh. Biar saya bisa menyusul segera.

Sedap betul bahasanya bang bumi :D jgn kebanyakan KFCnya..
doain saja tahun depan bisa menikah.hehehe

waduh, bang bumi ini blm menikah? dr bahasa dan mimik wajah sy pikir sudah berkeluarga,, wikikik..
aamiin, mari berdoa sama2 ;)

Banyak orang yg mengira menikah itu goal hidupnya, dan menganggap semua masalah kelar dg menikahm padahal realitanya sebaliknya.
Dewasa ini yg ngebet nikah malah dedek2 dibawah usia 22. Yg udh mapan dg pekerjaannya biasanya malah selow.

Betul sih. Semua ada jalannya masing2 dan pastinya beda jalan untuk mencapainya. Yg perlu dilakukan sekarang ya nikmatin hidup aja. Jangan dibuat pusing :D

iya.. semua akan nikah pada waktunya,
yang menikah juga ada malah yg ingin single lagi,,ya.. lajang bermanfaat aja lah dulu, :V

rempong sih, pasti ada :). sama sama mbak

Menikah memang rahasia Tuhan yang seorang pun gak tau. Kapan, sama siapa, dimana dan lain sebagainya. Jodoh pun seperti itu, positif thinking aja, siapa tau Allah lagi menguji hambaNya. Lagi senang dengarin doa di sepertiga malam dari mba Nia. Jadi intinya tetap sabar dan terus berdoa... Saya doakan semoga cepat dapat jodoh yang cocok ya mba... Aamiin....

aamiin ya rabb,, makasih ya mas hendra... ;)

Tenang.. Jodoh sudah disiapkan sama Allah SWT..
Ntar juga ketemu..

ya,ya,lagi berusaha tenang kok ini :)

Alhamdulillah saya sudah menikah terimakasi ya Allah..

alhamdulillah, semoga keluarga bahagia slalu,,

Hei,, terima kasih atas kunjungannya
jangan lupa berkomentar biar bisa jalan-jalan juga ke blog kamu..
:)
EmoticonEmoticon