Friday, September 15, 2017

Pantai tebing Lombok Nusa Tenggara Barat


Welcome Lombok,

Hello friday,

Akhirnya kesini lagi pulau yang tidak akan pernah bosan saya kunjungi, alhamdulillah dapat cuti 3 hari dari kantor,
tanpa pikir panjang kamis malam saya langsung cuss lombok dan jumatnya saya langsung kabur dari peristirahatan alias pergi jalan-jalan.

Lombok,
pulau yang terletak di provinsi Nusa tenggara barat ini punya sejuta keindahan alam yang begitu mempesona memiliki banyak destinasi wisata yang cukup mengundang banyak pengunjungnya tak heran kalau pulau ini jadi destinasi wisata terpopuler di Nusa tenggara barat.

Ada satu pantai di lombok yang cukup membuat saya penasaran pantai ini letaknya tepat di dusun Luk desa sambik bangkol kecamatan Gangga kabupaten Lombok utara
pantai ini juga biasa disebut pandawanya lombok, yang asli yang di bali dong ya hehehe.

Hari ini saya berangkat menggunakan sepeda motor berdua dengan adik perempuan saya yang sudah lama menetap disini, Dia cukup asyik untuk di ajak berpergian jauh walaupun akhirnya saya lah pemandu jalannya.
saya berangkat dari kota mataram pukul 09:00 pagi, katanya butuh waktu sekitar 3 jam untuk sampai di pantai tsb.

Satu jam perjalanan kami mampir foto-foto di tengah jalan yang kebetulan ada tulisan Lombok utaranya, biar lebih lombok banget nih.




Sebenarnya masih ingin berfoto ria disini, cuma karena kami berangkatnya hari jumat jadi agak diburu waktu, sabtu ada pertemuan bahas kerjaan dan minggu besok saya harus balik bima lagi oh Tuhan..

Ternyata cukup sulit untuk menemukan pantai tsb kami berdua salah arah yang seharusnya lurus terus tapi saya malah belok ke arah timur ke arah hutan bambu lalu nyasar ke kuburan. awww.. 😰

Setelah putar arah tak terasa sudah pukul 12:00 siang kami belum juga menemukan pantainya ternyata pantai ini berdekatan dengan SMPN 2 Gangga SMP yang tadi nya sudah saya lewati,
berkali kali nyasar tetap saja kami bingung dimana letak pantainya.

Tiba tiba gerombolan pemuda dan Bapak-bapak memenuhi jalanan yang tadinya kosong ternyata mereka dari masjid usai sholat jumat. Malu sekali rasanya berkeliaran di siang hari saat sedang jumatan begini
dari sekian banyaknya gerombolan pemuda saya pilih satu orang berperawakan teduh dipandang mata agar saat saya bertanya dia akan menjawab dengan jujur dimana letak pantai tebing,

dan alhamdulillah pantainya tepat dibelakang masjid tsb.

Jalan masuknya kecil papan arahnya juga dibuat seadanya pantas saja kami nyasar atau memang saya yang keburu nafsu, entahlah..
sebenarnya bisa parkir motor di depan jalan sebelum masuk ke pantainya
cuma saya agak parno saya memilih masuk dengan motor sekitar 200 meter
sampailah kami di pantai tebing, pandawanya lombok alias pandawa KW. hihi..😜










Terlihat memang mirip pantai pandawa di bali ya..
pepohonan hanya terlihat tumbuh di atas tebing berketinggian 20 - 25 meter atau lebih
tebingnya agak mirip tumpukan pasir yang menjulang tinggi.

Tidak ada pengunjung sama sekali karena ini hari jumat juga tidak ada penginapan hanya hamparan pasir dengan ombaknya yang besar, tidak tahu persis kenapa pantai ini dinamai pantai tebing.

Dari kejauhan terlihat seorang bapak paruh baya rupanya warga lokal yang sedang berjaga di area sekitar pantai tsb, saya tersenyum menyapanya daripada penasaran saya pun bertanya sedikit tentang sejarah dibalik terbentuknya pantai ini ,
beliau menjelaskan tebing pasir ini adalah semacam monumen letusan dahsyat gunung Rinjani atau Samalas di tahun 1257 letusan Samalas dinilai letusan terbesar antara 7.000 tahun terakhir muntahan materialnya sekitar 40 kilometer kubik lebih besar dari letusan gunung Tambora di pulau Sumbawa.
Tebing pasir itu adalah singkapan endapan piroklastik gunung Samalas dan tebalnya mencapai 50 meter warnanya sangat alami abu-abu muda lapisannya menyatu dengan komponen batu apung yang terbentuk dari endapan awan panas piroklastik yang masuk ke laut.
Awan panasnya bertemu dengan dinginnya air laut lalu terjadilah letusan sekunder terlontar ke daratan mengendap lalu terbentuklah bukit di pantai tebing itu.

Baiklah..
saya bertanya pada orang yang tepat penjelasannya singkat tapi sangat jelas ke intinya terima kasih untuk bapak yang tidak bisa saya sebutkan namanya.
he..😅

Setelah berkeliling sebentar adik saya tiba tiba minta pulang karena suasananya
sangat sepi dan hanya kami berdua, memang agak seram berdua saja di siang bolong membelakangi tebing pasir yang seolah berpenghuni, apalagi semua adalah kaum hawa tidak ada adam disini tidak ada yang dimintain tolong kalau nantinya kenapa-kenapa,
nah lho parno aaah!

Oke sekian jalan-jalan saya kali ini.


Kalau ada waktu coba deh mampir ke pantai ini, yang penasaran sama pantai pandawa tapi gak ada waktu atau belum cukup budget buat ke bali juga boleh kok berkunjung kesini ke kembarannya pandawa serius..
kalian juga akan melewati pantai-pantai eksotis lainnya seperti senggigi, pantai kerandangan 1,2 dan 3 tidak ada 4, lalu batu bolong, atau bisa juga nyebrang mampir ke gili terawangan sebentar baru lanjut ke pusuk , jangan takut kulit jadi hitam,
di lombok pepohonannya semua tua dan rindang punya banyak stock daun lebat buat lindungin kulitmu.





Hey,,,
Hidup hanya sekali jelajahi dunia sejauh mungkin. 😘


















Love kids

23 komentar

Ternyata cukup sulit juga ya nyari pantainya, malah pake acara nyasar segala ke kuburan. Pengen banget sih keliling dunia, tapi apa daya alhasil baru bisa keliling dunia lewat internet aja. Nice sharing

thanks ya, agak kualat sama hari jumat nih makanya nyasar gitu. semoga keliling dunia di internetnya bisa ngasilin duit nah bisa keliling dunia kan jadinya.. hehehe

Masya Allah.. Amazing view kak..
Btw kok maaih sepi ya?? Atau kakak yg fotonya nyari tempat yg jauh dari kerimbunan pengunjung??? Hehe

perginya pas jumat siang sih,makanya sepi banget,hari minggu baru ramai.. hehehe

Aamiin... Sebelum keliling dunia beneran, nyobain keliling dunia lewat dunia maya dulu ya...

jangan jauh2 mas, dunia maya bisa bikin lupa sm dunia nyata,hihi.. JKd,,,

Ah, Lombok... pulau yang satu ini emang punya banyak destinasi wisata yang bagus, dan gue sendiri belom kesampean ngejelajah ke banyak tempat. Bagi gue, yang bikin kangen itu Bukit Malimbu (di Lombok Barat kalo ga salah), dan itu tempat keren banget buat nikmatin sunset.

Wah, setelah sempet nyasar, ternyata terbayar dengan view Pantai Tebing yang oke ya. Berarti timing-nya juga pas tuh ngga di hari libur, jadi bisa dapet suasana sepi, bisa dapet momen damai, hehe. Kalo banyak orangnya, kan biasanya sulit cari tempat buat nikmatin ombak.

Ya, hidup hanya sekali jadi jelajahi dunia sejauh mungkin. Setuju :D Lagipula, Lombok emang keren kok pulaunya. Jadi pengen lagi ke sana, haha.

malimbu makin ramai skrg mas bay,iya lombok barat,
dr mulai masuk ke senggigi tembus malimbu itu dapet bgt viewnya,, makin kesana makin adem,rimbun..
hayu, kapan main ke lombok lagi nih :)

Asik banget, destinasinya masih virgin. Tebingnya oke punya mbak...

yoi dong, hayu jalan jalan kesini makanya.. :D

Ini kayanya belum terlalu terekspose yaa?? Baru denger.. hihi..

Salam kenal
-Traveler Paruh Waktu

pantai selatan emg belum begitu populer di lombok, perginya juga hari itu pas lg jumatan, agak serem sepi bgt..

Hadehh.. Lombok mah pantai-pantainya juara.. hehe
Bikin pengen ke Lombok lagi ni.. hehe

iya dong, lombok itu maldivesnya indonesia.. hihi, pantainya emg juara..
hayo lah mas ke lombok lagi. jgn yogya mulu..

Yah, masih terkendala dana dan waktu.. hehe

Paling 2019 besok InsyaAllah, sekalian ke Rinjani lagi..

Ayo bersama HondaQQ Selaku Nakoda Dari semua Agen Domino 99 Terpercaya

Bergabunglah bersama kami karena keamanan dan kenyamanan member adalah prioritas utama bagi kami.

Aman ?
- Hondaqq akan menjadi situs yang aman dan terpercaya menjaga segala privasi maupun data rekening yang dimiliki
- Aplikasi tersedia melalui Android dan IOS tidak perlu ke warnet memainkan permainan ini! Sehingga Aman!

Dapat Bermain di 7 Pemainan Langsung :
POKER - ADUQ - CAPSA SUSUN - BANDARQ - DOMINO 99 - BANDAR POKER dan SAKONG

HondaQQ memberikan promo bonus sebagai berikut:
- Promo Bonus Rollingan 0.5%
- Promo Bonus Referral 20%
Anda juga dapat menghubungi kontak di bawah ini untuk info lebih lanjut:
Pin BBM : D8D14919
Line : hondaqq
WA : +85569718027
YM : cshondaqq@yahoo.com

Wah mantep ya mba pantai tebingnya :D

Boleh.. boleh... Semoga bisa jalan-jalan kesana...

sepertinya perlu dicoba untuk berfoto di tebing tersebut, namun kok temannya tidak ikut berfoto Mbak. :)

Wuih tebingnya menawan... keren buat lokasi foto-foto.

jadi, kapan mau nyobain foto2?

temannya lg fokus motoin saya kang, hehe

iya mas, jalan2 ke lombok bagus2 pantainya

Hei,, terima kasih atas kunjungannya
jangan lupa berkomentar biar bisa jalan-jalan juga ke blog kamu..
:)
EmoticonEmoticon